Sabtu, 23 April 2011

Flores Paradise April 2011

April 2011

FLORES CULTURAL

Flores, dari bahasa portugis yang berarti "bunga" berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Flores terbagi menjadi 8 kabupaten dari barat ke timur sebagai berikut: Manggarai Barat dengan ibukota Labuan Bajo, Manggarai dengan ibukota Ruteng, Manggarai Timur dengan ibukota Borong, Ngada dengan ibukota Bajawa, Nagekeo dengan ibukota Mbay, Ende dengan ibukota Ende, Sikka dengan ibukota Maumere, dan Flores Timur dengan ibukota Larantuka. Masing-masing kabupaten memiliki objek wisata yang sangat indah dan pantas untuk Anda kunjungi. Di antaranya :

Objek Wisata Labuan Bajo - Komodo




 Sunset Pelabuhan di Labuan Bajo











Batu Cermin

Rumah makan Labuan Bajo
Objek wisata yang paling terkenal di Labuan Bajo adalah pulau komodo dan pulau Rinca dengan satwa endemiknya adalah biawak komodo (Varanus komodoensis Ouwens). Komodo merupakan sejenis reptil raksasa yang menjadi icon wisata Manggarai Barat yang menurut para ilmuan merupakan satu-satunya hewan purba yang masih hidup dijaman sekarang.

Komodo

Pantai Merah/Pink di Pulau Komodo
Jembatan di pulau Komodo

 Terumbu karang Komodo

Perbukitan teluk Komodo

Objek Wisata Ruteng
Ibukota Kabupaten manggarai ini adalah sebuah kota pasar (Market Town) yang merupakan tempat pertemuan masyarakat yang datang dari berbagai desa di wilayah perbukitan. Ruteng adalah kota yang dikelilingi pesawahan yang membentang di lereng landai kawasan gunung vulkanis.
Danau Satarmese

Sawah Spider
Wae Rebo

Liang Bua merupakan suatu tempat peninggalan sejarah pada masa purbakala. Liang Bua terletak di perbukitan kapur bagian utara kota Ruteng. Liang Bua memiliki keunikan yang membuat semua orang tertarik yaitu tempat atau letaknya sangat strategis, indah dan sejuk.  Di samping itu, di sana juga terdapat banyak fosil-fosil dari hasil galian yaitu berupa tulang-tulang dan bentuk-bentuk lainnya. Dan hasil galian ini diketahui bahwa tempat ini telah dihuni oleh nenek moyang pada masa purbakala.
Liang Bua

Compang adalah altar batu yang biasanya ditemukan di halaman rumah tradisional masyarakat Manggarai. Compang adalah pusat atau inti dari upacara tradisional Penti yang merupakan upacara tradisional yang bertujuan untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas panen yang melimpah. Kerbau dan sapi diikat pada compang ini untuk kemudian dikorbankan.
Ruteng Pu'u
Objek Wisata Bajawa
Bajawa terletak di tengah pulau Flores tepatnya di Kabupaten Ngada. 

Kampung Adat Ngada

Bena adalah sebuah kampung kecil yang terletak di tengah-tengah daerah pegunungan selatan Flores, di tengah lembah yang terbentuk oleh lingkaran pegunungan tersebut. Padang rumput yang diselingi kelompok pepohonan adalah kondisi vegetasi setempat.

Kampung Bena

Wawo Muda

Air Panas Mengeruda

Pantai Riung

 Pantai Riung
Pulau Kelelawar

Objek Wisata Ende

Danau Kelimutu di Gunung Kelimutu, Ende, Flores memiliki tiga danau yang lebih kecil terletak di sebelahnya. Danau tampaknya memiliki warna yang berbeda yang berubah seiring waktu karena aktivitas gunung berapi yang dimulai juta tahun yang lalu. Di seluruh dunia, fenomena perubahan warna ini hanya terjadi di Kelimutu. Saat ini, ketiga danau ini memiliki warna hijau hitam di ujung timur danau, hijau di tengah danau, dan hitam di sebelah barat danau.

 Danau Kelimitu

Bangunan berarsitektur tradisional Ende-Lio merupakan tempat yang ideal bagi pengunjung yang ingin dapat menyaksikan keindahan sunrise di puncak Kelimutu sambil menikmati kicauan Gerugiwa menyambut datangnya sang fajar
 
Bungalau Sa'o Ria

Situs Bung Karno Rumah di Jalan Perwira, Kelurahan Kotaratu, Kec.Ende Selatan (Kota Ende), itu tampak seperti layaknya permukiman penduduk karena konstruksinya menyerupai permukiman di sampingnya. Yang membedakannya adalah sebuah papan nama bertuliskan 'Situs, Bekas Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende' terpampang di halaman depan. Di rumah berukuran 12 x 9 meter ini, mantan Presiden Republik Indonesia Soekarno (Bung Karno) menjalani masa pengasingan oleh kolonial Belanda selama empat tahun (1934-1938).

 Taman Renungan Bung Karno
Situs Rumah Pengasingan Bung Karno

Salah satu makanan khas Ende berasal dari ikan tongkol bakar asap yang diberi kuah santan. Dan untuk makanan dari singkong adalah onde-onde yang digoreng isi gula aren atau direbus dengan bagian luar onde rebus diberi parutan kelapa

Ikan Tongkol Asap Kuah Santan
Objek Wisata Sikka
Kabupaten Sikka adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibu kotanya berada di Maumere. Luasnya adalah 1.731,9 km² dan penduduknya berjumlah sekitar 300.000 jiwa.
Patung Kristus Raja
Patung Nilo

Pantai Koka merupakan salah satu obyek wisata pantai selatan yang terletak di Desa Wolowiro Kecamatan Paga Kabupaten Sikka, jaraknya sekitar 60 KM dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sikka.
Pantai Koka

Gereja ini didirikan sejak tahun 1899 oleh mosionaris dari tarekat Jesuit. Keberhasilan umat Sikka membangun gereja ini bersama Pastor yang bernama Y. Engbers dan tidak terlepas dari peran raja sikka pada masa itu ialah Yoseph Mbako II Ximenes da Silva yang mampu memotovasi rakyatnya untuk kehidupan rohani atau gereja. Banguan gereja tua ini, memiliki beberapa kekhasan yang menarik, antara lain bentuk dan corak bangunannya yang tradisional dari abad XVIII-XIX, dinding gereja ditata dengan lukisan motof tenun ikat Sikka, hal ini menunjukan bahwa sudah dari jaman portugis perempuan sikka memiliki ketrampilan dalam menenun dan menciptakan motif tenun ikat

Gereja Tua Sikka

Tarian Tua Retelow Desa Watu Blapi

Perkampungan Nelayan Wuring

Perahu Jong Dobo

 Ke Indaha Taman Laut Teluk Maumere



Aku ingat akan lamalera



Penangkapan ikan paus di lamalera




Anda pasti penasaran begitu banyaknya objek wisata yang ada di Flores. Jika Anda berkenan untuk berkunjung ke Flores, Anda dapat memilih beberapa paket yang kami tawarkan. Klik disini  untuk melihat penawaran paketnya

Terimakasih Telah Berkunjung di Blog kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar